Bertempat di Aula Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kotawaringin Barat Jl. Sutan Syahrir No. 28 Pangkalan Bun, pada hari Rabu tanggal 12 Juli 2017 telah dilaksanakan Pembukaan Pelatihan Komputer, Processing dan Salon. Pembukaan pelatihan dilakukan langsung oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kotawaringin Barat Ir. H. Akhmad Yadi yang dihadiri oleh peserta pelatihan, instruktur/pengajar dan pegawai di lingkungan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kotawaringin Barat. Pelaksanaan Pelatihan Processing dan Salon dilaksanakan di Balai Latihan Kerja (BLK) Transito Jl. Malijo Kelurahan Madurejo Pangkalan Bun, sedangkan Pelatihan Komputer dilaksanakan di  Aula Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kotawaringin Barat Jl. Sutan Syahrir No. 28 Pangkalan Bun.

 

Pelatihan Komputer, Processing dan Salon ini terselenggara melalui Program Peningkatan Kualitas dan Produktivitas Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun Anggaran 2017. Pelatihan ini diikuti oleh 80 orang peserta yang terdiri dari 20 orang peserta pelatihan komputer, 40 orang peserta pelatihan processing dan 20 orang peserta pelatihan salon. Para peserta ini merupakan hasil seleksi penerimaan calon peserta pelatihan pada hari Selasa tanggal 11 Juli 2017 yang lalu dan dinyatakan lulus. Pelatihan Komputer dan Salon akan dilaksanakan selama 30 hari, sedangkan Pelatihan Processing dibagi menjadi 2 sesi yang masing-masing sesi diikuti 20 orang peserta dilaksanakan selama 15 hari.

 

Disampaikan melalui sambutan kepala dinas dan laporan panitia, pelatihan ini merupakan salah satu peran pemerintah dalam meningkatkan sumber daya manusia dengan memberikan keterampilan bagi penganggur maupun setengah penganggur, sehingga kesejahteraan masyarakat meningkat. Dengan bertambahnya keterampilan para penganggur maupun setengah penganggur diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan produktivitas, sehingga dapat memperbesar peluang untuk mendapatkan pekerjaan ataupun membuka lapangan usaha sendiri. Dengan demikian, angka pengangguran di Kabupaten Kotawaringin Barat dapat dikurangi.