Dalam beberapa waktu terakhir Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kotawaringin Barat Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja ramai oleh para Pencari Kerja yang ingin mendaftarkan diri dan mendapatkan Kartu Pencari Kerja (AK/I) atau yang lebih sering dikenal dengan nama “Kartu Kuning”.

Kartu Pencari Kerja (AK/I) merupakan salah satu syarat berkas lamaran yang diwajibkan oleh Pemberi Kerja Instansi Pemerintah maupun Swasta. Dengan terdaftarnya para Pencari Kerja diharapkan para Pencari Kerja segera dapat ditempatkan/bekerja sesuai dengan bakat dan minatnya.

Pada Agustus 2017 ini saja, sampai dengan tanggal 15 Agustus 2017 yang sudah terdaftar ada sejumlah 91 orang yang sebagian besar berpendidikan SMA sederajat. Peningkatan angka Pencari Kerja ini berkaitan dengan adanya kebutuhan tenaga kerja atau lowongan kerja dari pemberi kerja di sektor industri pengolahan, jasa keuangan dan asuransi, dan pemerintah.

Dengan terdaftarnya Pencari Kerja, maka Data Pencari Kerja tersedia di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kotawaringin Barat. Sehingga apabila Pemberi Kerja membutuhkan tenaga kerja, Pemberi Kerja dapat memperoleh tenaga kerja baik dengan membuka lowongan secara terbuka/pengumuman maupun menghubungi Pencari Kerja yang memenuhi kualifikasi/persyaratan kerja sewaktu-waktu dengan memanfaatkan Data Pencari Kerja yang terdaftar Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kotawaringin Barat.

Adapun syarat-syarat untuk mendaftarkan diri sebagai Pencari Kerja adalah fotocopy KTP, fotocopy Ijazah Terakhir beserta Nilai (bila ada), pas foto 3 x 4 berwarna sebanyak 2 lembar, sertifikat keterampilan atau kursus (bila ada), dan keterangan pengalaman kerja (bila ada). Apabila KTP bukan KTP Kabupaten Kotawaringin Barat atau alamat berbeda dengan yang tertera di KTP harus menyertakan Keterangan Domisili dari RT/Lurah/Kepala Desa di Kabupaten Kotawaringin Barat. Pembuatan Kartu Pencari Kerja (AK/I) tidak dipungut biaya apapun.