Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kotawaringin Barat dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat No. 18 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat, pada Bagian Ketiga mengenai Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Tugas Pokok dan Fungsi.

  1. Tugas Organisasi/ Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dalam Pasal 10 berbunyi  Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi mempunyai Tugas melaksanakan kewenangan Pemerintah Daerah dan Tugas Pembantuan  di Bidang Tenaga Kerja dan Transmigrasi.
  2. Fungsi Organisasi/ Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dalam Pasal 11 Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi mempunyai Fungsi :
    1. Perumusan kebijakan teknis bidang tenaga kerja dan transmigrasi.
    2. Penyelenggaraan kebijaksanaan ketenagakerjaan bidang penempatan dan perluasan kerja, bidang pelatihan dan produktivitas,bidang hubungan Industrial dan syarat kerja, bidang pengawasan keselamatan dan kesehatan kerja serta norma ketenagakerjaan.
    3. Merumuskan pelaksanaan kebijaksanaan pemberian ijin dan atas rekomendasi pada pengarah tenaga kerja ke luar negeri, peraturan perusahaan, lembaga serikat pekerja maupun  organisasi serikat pekerja dan asosiasi pengusaha.
    4. Pembinaaan Jaminan Sosial tenaga kerja, pembinaan pendidikan tenaga kerja yang produktif dan kompetitif.
    5. Pembinaan  bursa kerja yang kondusif hingga pertambahan angkatan kerja dapat diserap pada lowongan kerja  yang tersedia  di berbagai sektor ekonomi.
    6. Pembinaan, koordinasi dan pengendalian, penyiapan pemukiman transmigrasi.
    7. Pembinaan, koordinasi dan kerjasama SDM transmigrasi.
    8. Pembinaan, koordinasi dan pengembangan masyarakat kawasan transmigrasi.
    9. Pembinaan, pelayanan, pengawasan, pengendalian, monitoring, evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan tenaga kerja dan transmigrasi.